Friday, July 11, 2008

Membuat Notes di Desktop

Membuat Notes di Desktop

Catatan pengingat bisa saja ditampilkan di desktop Windows generasi lama.















Di Windows Vista terdapat gadget Notes yang dapat digunakan untuk menyematkan beberapa catatan di desktop. Bagaimana dengan Windows generasi sebelumnya? Apakah bisa menikmati fitur ini? Tentu bisa!

Caranya, terlebih dahulu aktifkan Active Desktop's Web View. Untuk memastikannya sudah diaktifkan pada Windows 9x/Me, klik kanan daerah kosong pada desktop Anda, pilih [Active Desktop] > [Customize My Desktop], kemudian pastikan bahwa kotak [View my Active Desktop as a Web page] telah diberi tanda cek.

Inilah langkah-langkah selanjutnya.

1. Buka Notepad dan masukkan catatan-catatan Anda. Pisahkan catatan yang satu dengan yang lain dengan tag HTML untuk paragraf “

” (tanpa kutip, yah). Simpan file itu dengan ekstensi HTM, misalnya “kerja.htm”. Klik kanan daerah kosong pada desktop, pilih [Active Desktop] > [Customize My Desktop]. Di bawah tab [Web], klik [New], pilih [No] ketika muncul kotak dialog yang menanyakan apakah Anda ingin mengeceknya.



2. Klik [Browse], cari file “kerja.htm” yang tadi Anda buat. Pilih file itu dan klik [OK]. Daftar akan nampak pada bagian Web dari kotak dialog Display Properties. Klik [OK] atau [Apply] untuk membuat daftar pekerjaan tersebut muncul pada wallpaper desktop Anda.


Nah, pada Windows XP caranya begini.

1. Klik kanan daerah kosong pada desktop, pilih [Properties]. Klik tab [Desktop], klik tombol [Customize Desktop] di bagian bawah.
2. Pada jendela Desktop Items, klik tab [Web].
3. Klik tombol [New] untuk membuka jendela New Desktop Items dan klik [Browse] untuk mencari file kerja.htm. Klik [OK] untuk menutup jendela New Desktop Items. Klik [OK] lagi untuk menutup jendela Desktop Items. Setelah kembali ke jendela Display Properties, klik [OK].

Catatan bisa ditambah dengan cara berikut.

1. Klik kanan pada objek dan pilih [View Source] dari menu pop-up yang muncul.
2. Notepad akan muncul. Ubah catatan Anda. Simpan perubahan yang Anda buat. Klik kanan daftar pekerjaan pada desktop dan pilih [Refresh]. Daftar Anda telah diperbarui.

0 comments: